Taufiq R. Abdulah Apresiasi Program ASO Guna Ciptakan Masyarakat Era Digital

    Taufiq R. Abdulah Apresiasi Program ASO Guna Ciptakan Masyarakat Era Digital
    Anggota Komisi I DPR RI Taufiq R. Abdulah

    YOGYAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Taufiq R. Abdulah mengapresiasi implementasi program Analog Switch Off (ASO) yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Menurutnya, ASO merupakan program yang sangat bagus guna menciptakan masyarakat era digital di Indonesia, dimana saat ini era digital telah menjadi trend global.

    Demikian dikatakan Taufiq usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Panja Digitalisasi Penyiaran Komisi I DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, dengan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kominfo Ismail, para penyelenggara multipleksing, TV Penyiran Yogyakarta, Komunitas TV Digital dan Ketua Gabungan Pengusaha Elektronik Indonesia, di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/5/2022).

    XPRESS.CO.ID
    market.biz.id XPRESS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Saya menilai dan mengapresiasi program (ASO) tersebut sudah sangat baik sekali dengan adanya konsep gotong royong. Alhamdulillah, pemerintah menanggapinya secara baik dengan adanya komitmen bersama dengan penyelengara televisi swasta atau multipleksing, yang berkomitmen dan bekerjasama memberikan Set Top Box gratis sebanyak 6, 3 juta bagi masyarakat yang kurang mampu. Dan itu sudah jadi kewajiban dan tanggung jawab bersama antara kedua belah pihak untuk melaksanakan secara bersama, ” jelas Taufiq.

    Namun politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyayangkan implementasi program ASO yang dinilai baik, namun pada kenyataannya komitmen yang sudah berjalan dua tahun antara Kominfo dan penyelenggara multipleksing (Mux) belum bisa terealisasi dengan baik. Dimana, penyebabnya ada beberapa hal, salah satunya proses-proses dialog antara kedua belah pihak yang terkait belum berjalan secara baik.

    “Kenyataanya dalam pertemuan Komisi I DPR hari ini, mengemuka persoalan antara kedua belah pihak. Di sisi lain pemerintah menganggap bahwa para penyelenggara Mux bisa siap berkomitmen pada pendistribusian Sate Top Box (STB) namun pada kenyataannya pihak penyelenggara Mux tidak sesuai sebagaimana komitmen yang dipersepsikan. Misalnya televisi swasta mengganggap mereka hanya bertanggung jawab mengadakan STB saja, ternyata dalam pelaksanaanya STB tidak bisa berjalan sendiri, namun harus didistribusikan lalu harus aktif. Ada proses instalasi yang ternyata itu perlu biaya tambahan, ” terang Taufiq.

    “Di sinilah masalah-masalah tersebut mengemuka, sehingga sangat disayangkan perencanaannya. Program ASO dalam pelaksanaanya masih belum optimal, tidak ada perhitungan secara utuh untuk anggarannya, namun yang terjadi hanya biaya untuk pengadaan saja. Yang harus dipikirkan dan dicari jalan keluar dari persoalan tersebut, sehingga apa yang menjadi concern pemerintah dalam hal ini perpindahan televisi analog menjadi digital bisa berjalan sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Cipta Kerja bisa berjalan sesuai waktu yang diamanatkan, ” pesan politisi dapil Jawa Tengah VII itu.

    WARTAKESEHATAN.CO.ID
    market.biz.id WARTAKESEHATAN.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Diketahui program ASO bermanfaat dalam memberikan efisiensi spektrum frekuensi radio. Siaran analog menggunakan satu frekuensi untuk setiap stasiun TV, sedangkan dalam penyiaran digital, satu frekuensi penyedia siaran atau multiplexing (Mux) bisa digunakan 6-12 stasiun televisi secara bersama-sama. Efisiensi frekuensi tersebut diperkirakan mencapai 112 MHz, yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas layanan internet dan 5G, peringatan dini bencana, ekonomi digital, pendidkan, serta kesehatan. (rni/sf)

    Taufiq R. Abdulah DPR RI KOMISI I PKB
    Goblog.co.id

    Goblog.co.id

    Artikel Sebelumnya

    Muhammad Kadafi Minta Kabar Pengangkatan...

    Artikel Berikutnya

    Mulyanto Prihatin Cara Kerja Pemerintah...

    Komentar

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono

    Afrizal

    Afrizal

    Postingan Bulan ini: 426

    Postingan Tahun ini: 1929

    Registered: Dec 24, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi

    Postingan Bulan ini: 407

    Postingan Tahun ini: 2390

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan

    Postingan Bulan ini: 158

    Postingan Tahun ini: 721

    Registered: Nov 15, 2021

    Arif Rido Basuki

    Arif Rido Basuki

    Postingan Bulan ini: 128

    Postingan Tahun ini: 537

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Aftisar Putra

    Terpilih Secara Administrasi, 4 Pengurus DPD KNPI Lampura Akan Ikuti Seleksi Wawancara
    Warga Kota Tegal Dapat BLT Minyak Goreng dan Dapat Vaksin Gratis
    Inisiator KMPG, Dian Assafri: Erick Thohir, Emangnya BUMN Milik Nenek Moyang Loe?
    Cegah Konflik Sosial, Kodim Tegal Gelar Giat Binkom

    Rekomendasi

    Sempat Diwarnai Penolakan, Ranperda RTRW Tanah Datar Akhirnya Disetujui DPRD
    Sejumlah Daerah di Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Tiga Hari ke Depan
    Besok Semen Padang FC Vs Persikas Subang, Escobar: Kita Anggap Seperti Kompetisi
    Semen Padang FC Bawa 26 Pemain Ikuti Laga Uji Coba ‘Tour De Java’
    Didukung 4 BUMN, Kereta Api Mak Itam di Sawahlunto Ditarget Beroperasi Tahun Depan

    Ikuti Kami